Flek? Please Go Away

Seiring pertambahan usia, maka permasalahan kulit akan banyak yang muncul. Salah satu nya adalah flek. Flek atau hiperpigmentasi  adalah semua noda hitam di wajah. Sebenarnya ada berbagai macam jenis flek. Flek karena bekas jerawat, freckles, lentigo, melasma,dll. Yang paling sering di jumpai adalah melasma. Macam-macam jenis flek ini nantinya akan menentukan treatment apa yang paling tepat serta prognosisnya.

Flek hitam muncul karena terjadi peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari. Melanin sendiri merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak pigmen melanin, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Pemicunya, banyak faktor. Paparan sinar matahari, usia, penggunaan kosmetik atau cream yang salah, hormon tidak seimbang, dan kehamilan juga disinyalir bisa menimbulkan flek di wajah.

Sebenarnya flek hitam tidak menimbulkan bahaya yang mengancam kesehatan. Hanya saja banyak wanita menjadi kurang percaya diri dengan kondisi ini.

Ini solusinya.

1. Peeling

Peeling merupakan perawatan kulit bertujuan mengangkat sel kulit mati dan mendorong regenerasi kulit. Bahan yang digunakan bervariasi tergantung pada tingkat kegelapan dan kedalaman flek.

Di Esther House of Beauty dapat dilakukan tindakan Enzym for Face, atau Glowing Peel untuk kategori peeling ringan. Atau juga bisa mencoba Light Melasma Peel, atau Melasma Peel untuk flek lebih dalam.

2. Microneedling

Merupakan perawatan kulit invasif. Melibatkan alat mirip pena dengan jarum-jarum kecil. Biasanya perawatan ini dikombinasikan dengan serum-serum tertentu. Walaupun melibatkan jarum, perawatan ini minimal rasa sakit. Hasilnya wajah akan terlihat cerah.

 

3. Laser

Perawatan laser merupakan prosedur non-invasif yang tidak menimbulkan rasa sakit. Terapi ini dilakukan dengan memancarkan sinar yang memiliki gelombang dan intensitas tertentu pada flek di kulit. Hal ini juga tergantung dari warna dan ukuran flek, serta jenis laser yang digunakan. Laser yang disarankan adalah Pigment Laser atau Fractional Laser.

 

Perawatan di klinik tentu saja tidak cukup. Diperlukan home care atau produk-produk yang wajib digunakan di rumah. Selain sunblock, dokter akan memberikan krim mengandung pencerah seperti Intensive Night Cream atau  krim lain yang disesuaikan kondisi setiap kulit.

Serta pelembab untuk memperbaiki kondisi kulit secara umum.

Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Lakukan beberapa langkah pencegahan berikut:

  1. Gunakan tabir surya minimal mengandung SPF 30. Gunakan setiap hari walaupun tidak keluar rumah
  2. Hindari aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik.
  3. Jika memang terpaksa jangan lupa gunakan topi atau payung. *

 


dr. Shella Puspita

Esther Malang

Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *