Komedo Selalu Ada

Iklim tropis membuat tubuh mudah berkeringat, wajah gampang berminyak. Kalau sudah begini, komedo biasanya “nongol” kompakan.

Komedo terbentuk karena pori-pori kulit tersumbat minyak (sebum) dan sel kulit mati menumpuk. Komedo merupakan cikal bakal jerawat dan biasanya muncul di wajah terutama daerah T-zone (dahi, hidung, dagu), tetapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain, seperti di dada, punggung atau lengan.

Banyak faktor yang menyebabkan komedo seperti produksi minyak yang berlebih karena perubahan hormon, misalnya saat masa pubertas, menstruasi, kehamilan, konsumsi obat tertentu seperti pil KB, kortikosteroid dan hormon androgen.

Kulit yang terlalu lembab juga terkadang bisa memicu komedo, baik akibat penggunaan pelembab yang berlebihan di permukaan kulit yang berminyak, atau karena udara terlalu lembab. Konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula dan lemak tinggi pun memicu munculnya komedo.

Tangan kurang bersih yang tak sengaja menyentuh wajah, membersihkan wajah tapi tidak benar-benar clean, atau sisa-sisa make up masih bertahan di kulit, juga menjadi faktor kemunculan komedo.

Pori-pori yang tertutup karena penumpukan minyak (sebum) dan sel kulit mati merupakan sumber nutrisi bagi bakteri Propionibacterium acnes (P. Acnes). Reaksi radang dari bakteri P. Acnes inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Ketika komedo terkena paparan udara luar, akan terjadi proses oksidasi pada sebum yang menyebabkan warna komedo menjadi hitam. Inilah yang di sebut dengan komedo hitam (blackhead). Bila permukaan komedo tertutup lapisan kulit, komedo tidak mengalami oksidasi, sehingga warnanya menyerupai warna kulit atau berwarna putih dan di sebut komedo putih (whitehead).

Untuk meminimalkan munculnya komedo adalah selalu rajin membersihkan wajah 2 x sehari. Biasakan membersihkan wajah setiap selesai berolahraga dan beraktivitas di luar ruangan. Tujuannya agar menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih di wajah.

Gunakan produk perawatan kulit noncomedogenic dan  pilihlah  produk make-up berbahan dasar air dan bebas minyak. Hindari menyentuh wajah saat tangan sedang kotor, karena dapat menyebabkan bakteri pindah dari tangan ke wajah, sehingga menimbulkan komedo dan jerawat.

Produk home care yang disarankan seperti, Esther Acne Toner, Esther Tea Tree Serum dan Esther Acne Cream untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sedangkan untuk kulit normal dan kering bisa menggunakan Esther Intensive Serum dan Esther Intensive Night Cream. Jangan lupa melakukan scrub di rumah 1-2 x seminggu dengan  Esther Exfoliating Cream atau Esther Peeling Cream.

Beberapa treatment yang dapat dilakukan di Esther House of Beauty untuk mengatasi komedo adalah  Medical Facial, Face Bioherbal, dan Face Biowallet.

Tindakan advanced, dengan Diamond Facial dan Fresh & Quick Treatment juga dapat membantu. Beberapa Medical Treatment seperti peeling juga menjadi pilihan seperti Glowing Peel, No Pain Acne, Enzym for Face, Acne Enzym, dan Lightening Enzym.

Jadi jangan pernah bosan menjaga kebersihan kulit wajah ya. *


dr Yohana Chrisanty Mantara,

Esther Darmo Permai Selatan, Surabaya

 

Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *