Oops…Sudah Berminyak Lagi

Adakah yang pernah mengalami, baru sebentar saja cuci muka tetapi wajah sudah berminyak lagi ?

Jika  pernah, maka kemungkinan besar jenis kulitnya adalah Oily Skin Type. Sebagian besar orang akan terganggu dengan kondisi tersebut, karena wajah menjadi cepat kusam, make up cepat hilang dan yang paling mengganggu bagi pemilik julukan “wajah kertas minyak” ini adalah masalah jerawat.

Jenis kulit berminyak memiliki ciri pori-pori terlihat besar dan jelas serta wajah tampak berkilau, karena produksi kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous yang berlebih.

Minyak di kulit berfungsi mencegah kulit menjadi kering dan mengurangi kerutan wajah, tetapi bila produksinya berlebih, maka kotoran atau debu akan mudah menempel di kulit hingga menyumbat pori. Karena itu, si kulit berminyak kerap kali akrab dengan jerawat.

Penting untuk dipahami bagaimana perawatan yang tepat, agar jenis kulit berminyak tidak lagi menampilkan wajah mengkilap, bahkan juga bebas jerawat.

Caranya mudah, dan perlu komitmen rutin melakukan perawatannya.

  1. Membersihkan kulit secara teratur pagi dan malam hari, lebih dianjurkan menggunakan air hangat. Pilih produk pembersih dengan bahan aktif AHA, Salicylic acid, Tea tree extract atau Activated charcoal yang dapat membantu membersihkan minyak serta kotoran di kulit wajah dan mencegah jerawat. Seperti Esther Clean Wash, Esa Black Purrifying Foam.
  2. Gunakan pelembab untuk menjaga agar kulit tidak menjadi kering. Pilih pelembab yang berbahan dasar air. Sodium hyaluronat juga salah satu bahan yang aman untuk pelembab bagi kulit berminyak.
  3. Lakukan peeling untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan meringkas pori. Peeling ringan bisa dilakukan sendiri di rumah 1-2 kali seminggu dengan menggunakan Esther Exfoliating Cream atau scrub wajah. Namun apabila dibutuhkan bisa datang ke klinik dan dokter akan membantu untuk tindakan peeling yang lebih kuat dengan bahan Papain enzyme, Glycolic acid atau Salicylic acid. Misalnya, Enzym for Face, atau Acne Enzym.
  4. Pemakaian cream topical seperti Retinol, AHA, Sulfur juga dapat membantu mengontrol produksi kelenjar minyak. Tetapi bila ada jerawat biasanya akan ditambahkan antibiotik pada creamnya.
  5. Penuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit. Baik dari luar atau dari makanan. Nutrisi dari luar dapat diperoleh dari Bioherbal, merupakan nutrisi utama bagi kulit, mengandung 36 ekstrak tumbuhan herbal yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kulit. Penggunaan Esther Glowing C, Grape seed extract-nya juga dapat menutrisi kulit dan berfungsi sebagai antioksidan. Mengkonsumsi buah dan sayur seperti wortel, tomat, jeruk, lemon dan pisang sangat membantu untuk menjaga kulit tidak berlimpah minyak dan timbul jerawat.*

 


dr Yuliana Sanusi, Esther Lampung

Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *